Mediasi Sebagai Sarana Memperbaiki Hubungan Pernikahan Dan Mencegah Perceraian

by | Aug 5, 2021 | Perceraian | 0 comments

Pernikahan adalah ibarat mengarungi kapal dalam luasnya lautan, dimana dalam perjalanannya kadang menemui rintangan dan halangan yang menyebabkan terjadinya perselisihan, perpisahan dan/atau perceraian. Dalam pernikahan sendiri terdapat banyak alasan yang mendasari timbulnya perselisihan dalam hubungan pernikahan, dari mulai perubahan sikap, kondisi keuangan, anak, kekerasan, perselingkuhan dan sudah tidak hangatnya hubungan suami istri.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendamaikan perselisihan dan mencegah perceraian dalam pernikahan adalah mediasi yang dilakukan oleh Keluarga pasangan, dimana pasangan suami istri akan mencoba didamaikan dan dirukunkan kembali oleh keluarga besar mereka. Namun demikian, upaya mediasi antara keluarga ini kadang tetap menemui jalan buntu atau malah memperburuk situasi hubungan rumah tangga, karena biasanya keluarga dianggap tidak netral dan lebih memihak salah satu pasangan.

Selanjutnya, Mediasi juga dapat dilakukan dengan bantuan Konsultan Hukum yang bertindak sebagai Mediator Independen yang membantu untuk mendamaikan dan menemukan solusi permasalahan keluarga, terlebih Konsultan Hukum dapat membuat perjanjian dan kesepakatan perdamaian yang dapat memuat keinginan dari masing-masing pihak, komitmen dan janji-janji tiap pasangan guna memperbaiki hubungan perkawinan.

Lebih lanjut, Pengadilan sebagai lembaga yang berwenang memeriksa dan memutus perceraian di Indonesia, juga mengharuskan  adanya upaya mediasi yang harus dihadiri langsung oleh pasangan (prinsipal) sebelum dilakukan pemeriksaan gugatan sesuai dengan  Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan. Pengadilan akan memfasilitasi seorang mediator yang independen yang akan membantu memediasi pasangan tersebut sebelum perkara perceraian diperiksa dan diputus oleh Majelis Hakim.

Dalam proses mediasi, Mediator berperan penting dalam memberi petuah dan anjuran yang mengupayakan adanya perdamaian dan rujuknya pasangan suami istri. Banyak perkara perselisihan Perkawinan berhasil didamaikan oleh Mediator dan perkawinan dapat diselamatkan serta hubungan perkawinan harmonis kembali, baik dengan komitmen tidak tertulis ataupun perjanjian perdamaian.

Kantor Pengacara Jakarta hadir untuk membantu memediasi permasalahan rumah tangga Anda dan pasangan, termasuk membuat dan mengkonsep Perjanjian Perdamaian. Kantor Pengacara Jakarta terdiri dari Pengacara-Pengacara yang bersertifikat sebagai Mediator dan banyak memiliki pengalaman dalam membantu proses perdamaian dan merukunkan hubungan perkawinan Klien-Klien Kami.  Segera Hubungi Kantor Pengacara Jakarta pada 0816 1920 335 (Gratis Konsultasi) dan besar harapan kami dapat membantu menyelesaikan masalah anda. Terimakasih.

Check Out These Related Posts

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *