Biaya/ tarif layanan

Profesi pengacara tidak terdapat ketentuan dan standar baku atas harga atau honorarium dari pemberian jasa tersebut, masing-masing pengacara umumnya memiliki standar yang berbeda-beda dengan mempertimbangkan beberapa faktor.

Faktor yang lazimnya dijadikan pertimbangan adalah kompleksitas atau kerumitan kasus.

Semakin rumit suatu kasus (terdapat perlawanan dari pihak yang digugat cerai), semakin tinggi biasanya tarif yang ditetapkan oleh pengacara.

Dalam konteks perceraian, apabila salah satu pihak melakukan perlawanan dan tidak ingin bercerai maka proses persidangan membutuhkan proses yang lebih lama sehingga periode kerja pengacara yang mendampingi juga akan lebih lama dan kemungkinan akan muncul biaya-biaya operasional tambahan.

Faktor lain yang menjadi pertimbangan ketika pengacara perceraian menetapkan harga jasa pengacara adalah pengadilan mana yang akan memproses kasus tersebut.

Proses persidangan di Pengadilan Negeri seringkali melenceng dari jadwal yang telah ditetapkan, karena Pengadilan Negeri memang memiliki jumlah perkara yang lebih banyak dibandingkan Pengadilan Agama karena Pengadilan Negeri menyidangkan ragam jenis perkara selain perceraian seperti pidana, perdata, dan praperadilan.

Berdasarkan pengalaman terbaik dari Kantor Pengacara Jakarta bahwa kisaran harga jasa pengacara untuk kasus perceraian yang pernah ditangani adalah dari Rp10.000.000,- sampai dengan Rp.100.000.000,-. hal tersebut disesuaikan dengan faktor-faktor diatas dan melihat kondisi dari klien yang ditangani untuk dibantu.